Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Banda Aceh yang Menyimpan Kejayaan dan Kisah Pilu

Dengan identitasnya sebagai Serambi Mekah, Banda Aceh mejadi kota yang menawarkan keagungan yang berbeda. Hamparan pantai, lezatnya kuliner dan juga  kemegahan masjidnya menjadikan kota ini layak dijadikan sebagai tujuan wisata berikutnya. Memang tidak setenar lokasi wisata sekelas Raja Ampat, Bunaken atau bahkan Bali. Tapi aku jamin, provinsi paling ujung negara Indonesia ini punya sejuta hal keren untuk diingat.

Rekomendasi Wisata Di Kota Banda Aceh yang Paling Iconic

Masjid Raya Baiturrahman

masjid baiturrahman banda aceh

Masjid Baiturrahman bagiku menjadi lokasi yang pertama wajib dikunjungi. Masjid ini membuatku terpesona sejak tsunami menghantam provinsi ini puluhan tahun lalu. Baiturrahman masih bisa berdiri kokoh diantara hamparan reruntuhan saat itu.

Sejak saat itu aku tidak lagi heran kenapa masyarakat Aceh sangat membanggakan masjid kebesaran mereka dan mengatakan Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol kejayaan umat Islam di sana.Terletak di jantung kota, praktis saat menginjakkan kaki untuk pertama kali di kota ini masjid ini langsung menarik perhatian.

Ada yang unik dari Masjid Raya Baiturrahman, ternyata tempat ibadah ini umurnya sudah ratusan tahun. Sultan Iskandar muda di tahun 1022 Hijriyah atau 1612 Masehi membangun masjid ini. Jadi bisa dibayangkan, umurnya saja sudah lebih dari 300 tahun dan sampai sekarang masih saja berdiri tegak di tanah Serambi Mekah ini.

Museum Tsunami Aceh

museum tsunami aceh

Satu lagi lokasi wisata di Banda Aceh yang akan melemparkan kita pada masa lalu. Ya, Museum Tsunami Aceh ini berhasil membuatku terlempar jauh ke kejadian belasan tahun lalu tentang tsunami.

Museum Tsunami Aceh di desain oleh Ridwan Kamil dan dibuka tahun 2009 lalu sebagai upaya mengenang kisah pilu yang merenggut ratusan ribu nyawa. Museum ini juga sebagai penghormatan kepada seluruh pihak yang ikut membantu pemulihan kota ini. Disamping itu, pembuatan museum ini rupanya tidak hanya difokuskan untuk tujuan wisata saja, namun juga sebagai pusat penelitian dan pembelajaran tentang bencana besar ini. Bahkan, pemerintah setempat menggagas bangunan ini sebagai lokasi evakuasi juga jika kelak bencana serupa terjadi lagi.

Kalau kamu mau mampir ke sini, lokasinya tidak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. Hanya sekitar 400 meter saja dan berdekatan dengan Lapangan Blang Padang.

Pantai Lhoknga

pantai lhokgna aceh

Langit yang biru, angin pantai yang ramah dan hamparan pasir putihnya membuatku jatuh cinta dengan pantai Lhoknga ini. Hal paling menyenangkan saat datang ke sini yaitu koleksi kerangnya. Aku lebih suka mengoleksi kerang-kerangan sebagai kenang-kenangan saat pulang.

Oh, ya! Asal tahu saja, pantai ini memiliki ketinggian ombak 1,5-2 meter. Sangat cocok untuk berselancar ria.

Lokasi Pantai Lhoknga sekitar 20 km dari kota Banda Aceh.

Kapal Ikan Di Atap Rumah

Rupanya istilah kapal ikan di atap rumah ini bukan sekedar istilah. Aku sempat kaget karena memang kapal ini terletak di atas rumah. Yang membuat aku takjub adalah dulu kapal ini menyelamatkan banyak nyawa saat tsunami memporak-porandakan Banda Aceh. Saat itu sekitar 59 orang berhasil diselamatkan oleh kapal ini dan tidak disangka kalau kapal ini malah tersangkut di atas rumah.

Memang membuat wisatawan penasaran sih, dan kapal ini sangat iconic dan bersejarah bagi masyarakat Aceh.

So, itulah tadi kumpulan wisata di kota Banda Aceh yang paling kurekomendasikan buat kalian yang mampir ke Serambi Mekah. Selain cantik, nyaris semua tempat wisata di sana menyimpan kenangan; kisah pilu hingga kejayaan masa lalu.

Spread the love